Jumat, 07 September 2012

MOLLUSCA


Mollusca berasal dari kata mollis yang artinya lunak, Mollusca adalah kelompok hewan ivertebrata yang mempunyai tubuh lunak.

  •   SIFAT-SIFAT dan CIRI MORFOLOGI MOLUSCA

Hidup di air maupun di darat, tubuh tidak beruas-ruas,mempunyai mantel (pallium), kenbnyakan memiliki cangkok, meiliki gigi yang disebut radula di bentuk dari kitin,lambung sangat sederhana, ginjal berupa nepridia.

  • KLASIFIKASI MOLLUSCA

a.       Amphineura
Ciri-ciri : Hidup melekat di dasar perairan laut,tubuhnya pipih, tidak di temukan bagian kepala dan memiliki punggung yang di lindungi oleh cangkang (cangkok) yang tersusun tumpang tindih seperti gunting. Contoh : chiton.
b.      Gastropoda
Ciri-ciri : disebut si kaki perut, memiliki cangkok ( yang tidak memiliki disebut siput telanjang), Sistem peredaran darah terbuka, bersifat hermaprodit.
Contoh : Achatina fulica (bekicot, perusak tanaman budidaya), vaginula (siput telanjang).
c.       Cephalopoda
Ciri-ciri : Hidup di laut, ukuran tubuh bervariasi, tidak bercangkok kecuali nautilus, tubuh terdiri atas kepala dan sepasang mata,tubuh di selimuti mantel, bagian ventral tidak melekat sehingga membentuk rongga mantel. Contoh : loligo indica (cumi- cumi) sebagai sumber protein, eia (ikan sotong).
d.      Scaphopoda
Ciri-ciri : memiliki cangkok berbentuk silinder, yang kedua ujungnya terbuka, hidup di laut dan terpendam di dalam pasir atau lumpur, disebut dentalium karena bentuk cangkangnya menyerupai gigi-gigi. Contoh : dentalium vulgare.

  •   PERANAN MOLLUSCA bagi KEHIDUPA MANUSIA

Beberapa jenis karang merupakan sumber protein hewani, menghasilkan cangkang yang indah dan beraneka untuk di manfaatkan sebagai perhiasan dan cinderamata.








0 komentar:

Poskan Komentar